Selasa, 13 Agustus 2013

PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN



Media Sederhana 

Pengertian Media 
Media merupakan bentuk jamak dari bahasa Inggris, yaitu Medium yang artinya Perantara atau Pengantar.
Jadi, media adalah suatu alat yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain, membantu proses penyampaian informasi dari pemberi informasi kepada penerima informasi, memiliki karakteristik untuk menampilkan pesan dan informasi, sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Sehingga, media mempermudahkan orang untuk memperoleh informasi dan menghemat waktu/efisien.
Jenis-jenis Media
  1. Media visual 2 dimensi tidak transparan
  2. Media visual 2 dimensi yang transparan
  3. Media visual 3 dimensi
  4. Media audio
  5. Media audio-visual
  6. Multimedia
Media  dalam Pendidikan
Penggunaan media berkaitan dengan pendidikan. Melalui media, guru dapat memberikan contoh dan simulasi untuk menggantikan benda asli yang tidak mungkin dibawa karena terlalu besar, letaknya jauh, sulit didapat, dan lain sebagainya. Contohnya: ketika guru menjelaskan tentang metamorfosis kupu-kupu, guru tidak perlu membawa telur kupu-kupu, ulat, kepompong, maupun kupu-kupu dewasa. Tentu hal ini tentunya akan menyulitkan guru untuk memperolehnya, tetapi guru cukup membawa gambar metamorfosis saja atau membawa animasi contoh proses metamorfosis, dan untuk mendapatkan semua contoh tersebut tidaklah sulit, karena semuanya dapat dicari di internet. 

Media yang umum digunakan dalam pendidikan adalah media sederhana. Media sederhana ini dapat beruba media cetak, elektronik, maupun pemanfaatan komputer, misalnya melalui power point. Pembuatan media sederhana dalam pendidikan juga harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya pembuatan media sederhana harus mengacu pada RPP, indikator dan tujuan pembelajaran, pokok bahasan, kelas yang dituju, dan harus mempunyai buku acuan dalam membuat media sederhana.

Media sederhana harus mempermudah proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran sendiri diartikan sebagai penyediaan sistem lingkungan yang mengakibatkan terjadinya proses belajar mengajar pada diri peserta didik yang dilaksanakan secara sengaja, terkendali, dan sudah ditetapkan tujuannya terlebih dahulu.
Komponen sistem pembelajaran terdiri atas: 
  1. Tujuan Pembelajaran
  2. Peserta Didik
  3. Pengajar/Guru/Dosen
  4. Materi Pembelajaran
  5. Metode Pembelajaran
  6. Media Pembelajaran
  7. Evaluasi Pembelajaran
  8. Latar/Tempat
Jenis-jenis Media Pembelajaran
  1. Elektronik
  2. Cetak
  3. Grafik
  4. Visual
  5. Audio
  6. Audio Visual
  7. Massa
  8. Pendidikan
  9. Instrumental
  10. Pengajaran
  11. Pembelajaran
  12. Multimedia
Alat Elektronik tidak sama (berbeda) dengan Alat Listrik
Alat elektronik: TV, radio, komputer, LCD proyektor, HP, laptop, dan lain sebagainya.

Alat listrik: bor listrik, OHP, lampu, las listrik, kulkas, mixer, mesin jahit, dan lain sebagainya.

NB: Media pembelajaran massa dan pembelajaran bersifat oposisi (berlawanan) karena memiliki peran yang berbeda. Contoh: TV jika digunakan di rumah, biasanya hanya digunakan untuk menonon acara TV saja, sedangkan di sekolah TV digunakan untuk belajar.

TV dan radio hanya termasuk media pembelajaran elektronik, bukan multimedia, karena TV baru bisa audio visual dan radio baru audio saja. Sedangkan, multimedia itu contohnya seperti laptop, karena mampu menampilkan serangkaian kegiatan yang lebih kompleks daripada visual dan audio, seperti internetan, pemprograman, dan lainnya.

Peran Media dalam Pendidikan
Media by Design
Media yang sengaja dirancang untuk proses pembelajaran. Contohnya: modul pembelajaran.
Media by Utilization
Media yang sengaja dirancang untuk dimanfaatkan, jadi media ini bisa digunakan untuk proses pembelajaran, tetapi bisa juga digunakan untuk orang banyak/di luar proses belajar mengajar. Contoh: sawah, kebun binatang, surat kabar, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut