Selasa, 17 Juni 2014

PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA



      Pendekatan Whole Language
           Definisi pendekatan whole language
Pendekatan whole language adalah sistem pembelajaran dalam bahasa yang memandang aspek-aspek kebahasaan secara menyeluruh dan saling berkaitan, serta berpusat pada satu tema, sehingga menghasilkan pembelajaran yang bermakna.
 
Ciri-ciri kelas whole language
a.       Siswa belajar melalui model atau contoh
b.      Siswa bekerja dan belajar sesuai dengan tingkat kemampuannya
c.       Siswa berbagi tanggung jawab dalam pembelajaran
d.      Siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran bermakna
e.       Siswa berani mengambil resiko dan bebas bereksperimen
f.       Siswa mendapat balikan (feedback) positif dari guru

Langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan whole language
a.       Tahap Persiapan
Guru harus mengetahui konsep pembelajaran dan langkah-langkah pembelajarannya. Guru juga harus mempersiapkan bahan dan materi pembelajarannya
b.      Tahap pelaksanaan
Guru melaksanakan pembelajaran dengan memadukan keterampilan bahasa sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang telah dipersiapkannya
c.       Tahap evaluasi
Guru melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap hasil kerja siswa

Contoh pendekatan language
Ketika pembelajaran dengan menonton sebuah video, yaitu:
a.       Guru meminta siswa untuk menyimak video yang ditonton oleh siswa
b.      Kemudian, guru meminta siswa untuk menuliskan kembali apa yang telah ditontonnya
c.       Lalu, siswa diminta untuk membacakan apa yang telah ditulisnya tersebut
d.      Setelah itu, guru melakukan koreksi terhadap hasil kerja siswa, mulai dari penggunaan kata dan kalimat sederhana yang tepat, memperhatikan letak dan penggunaan huruf capital, ejaan, dan tanda baca yang tepat.
e.       Terakhir, siswa diminta untuk memperbaiki hal-hal yang masih keliru dari hasil kerjanya tesebut
Dari kegiatan ini, siswa dapat juga mendapatkan pengetahuan dan melakukan penilaian terhadap hasil kerjanya dengan hasil kerja teman-temannya.

9 komentar:

  1. maaf saya izin copas yaa., lagi butuh makalah dari materi anda
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. maaf saya izin copas yaa., lagi butuh makalah dari materi anda
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  3. Dalam pembelajaran bahasa indonesia siswa diharapkan mampu membedakan opini dan fakta aktivitas pembelajaran yang dilakukan guru adalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendekatan whole language

      Hapus
    2. Siswa membaca contoh opini dan fakta dan membuat contoh opini dan fakta yang lain

      Hapus
  4. Thanks for your presentation. It is helpful

    BalasHapus
  5. Retina kasih,sangat membantu

    BalasHapus
  6. Boleh kasih sedikit pencerahan untuk saya, untuk judul skripsi, seperti nya metode ini bisa

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Pengikut