Sabtu, 14 Juni 2014

PENDEKATAN STRUKTURAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA



Pendekatan Struktural
      Definisi pendekatan struktural
Pendekatan struktural adalah sistem pembelajaran yang menekankan pada kemampuan memahami tata atau struktur kebahasaan daripada kompetensi penggunakaannya.

      Kelebihan dan kekurangan pendekatan struktural
Kelebihan pendekatan struktural, yaitu siswa mengetahui tata dan struktur kebahasaan.
Kekurangan pendekatan struktural, yaitu siswa kurang memahami penggunaan struktur kebahasaan itu dalam kehidupan sehari-hari (tidak mengetahui pengimplementasiannya dalam kehidupan).

3    Langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan struktural
a.       Tahap persiapan: guru harus menguasai materi yang akan diajarkannya, terutama mengenai pengetahuannya daripada penggunaannya dalam kehidupan
b.      Tahap pelaksanaan: guru menyajikan materi sesuai dengan struktur atau kaidah pengetahuannya
c.       Tahap evaluasi: guru mengevaluasi hasil kerja siswa hanya berdasarkan taraf pengetahuannya atau berdasarkan strukturnya saja.

       Contoh pendekatan struktural
Kapan penggunaan tanda bahasa dipakai dalam sebuah kontek kebahasaan, seperti titik, koma, tanda seru, dan lain sebagainya. Contohnya:
a.       Guru menjelaskan materi mengenai kaidah penulisan yang baik, kemudian guru meminta siswa untuk menuliskan sebuah cerpen
b.      Kemudian siswa menuliskan sebuah cerpen dengan kaidah penulisan yang baku
c.       Lalu, guru melakukan penilaian terhadap tanda baca yang digunakan siswa, kata-kata yang digunakan, baku atau tidak, dan apakah morfemnya sudah benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut