- Pendekatan Pengalaman Belajar
- Definisi pendekatan pengalaman belajar
Pendekatan pengalaman belajar adalah sistem
pembelajaran yang memanfaatkan sejumlah aktivitas yang dilakukan siswa untuk memperoleh
informasi dan kompetensi baru sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
- Ciri-ciri pendekatan pengalaman belajar
a. Mengacu
kepada interaksi siswa dengan kondisi eksternalnya, bukan konten pelajaran
b. Mengacu
kepada belajar melaui perilaku aktif siswa
c. Belajar
akan dimiliki oleh siswa setelah dia mengikuti kegiatan belajar mengajar
tertentu
d. Pengalaman
belajar itu merupakan hasil yang diperoleh sendiri oleh siswa
e. Adanya
berbagai upaya yang dilakukan oleh guru dalam usahanya untuk membimbing siswa
agar memiliki pengalaman belajar tertentu. Dalam kaitan ini tentu guru pun
ingin mengetahui seberapa jauh siswa telah menguasai pengalaman belajar yang
ditentukan dan seberapa besar efektivitas bimbingan yang telah diberikan kepada
siswa.
- Langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan pengalaman belajar
a. Tahap persiapan
1. Guru harus mengetahui tujuan atau
kompetensi yang akan dicapai
2. Sesuaikan jenis bahan atau materi
pelajaran dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
3. Perhatikan ketersediaan sumber
belajar
b. Tahap pelaksanaan
1. Laksanakan pembelajaran sesuai
dengan tujuan pembelajaran, bahan, dan sumber belajar yang telah diracang
2. Laksanakan pembelajaran sesuaikan
dengan karakteristik siswa, yaitu terkait dengan minat, bakat, dan tingkat
perkembanganya
3. Menyusun tugas-tugas belajar bersama
siswa
4. Menginformasi tentang kegiatan
pembelajaran yang harus dilakukan
5. Memberikan bantuan dan pelayanan
kepada siswa yang memerlukan
6. Memberikan motivasi kepada siswa
untuk belajar dan memberikan bimbingan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan.
c. Tahap evaluasi
1. Pada tahap ini, guru dan siswa
bersama-sama melakukan penilaian terhadap kegiatan yang telah dilakukan siswa
2. Membantu siswa dalam menarik
kesimpulan
- Contoh pembelajaran dengan pendekatan pengalaman belajar
a. Pengalaman
mental melalui ceramah dan perenungan diri, siswa akan memahami dan menemukan
makna dibalik informasi yang ia peroleh
b. Pengalaman
fisik melalui pengamatan, percobaan, penelitian, kunjungan, karya wisata/study
tour, pembuatan buku harian, dan beberapa bentuk kegiatan praktis lainnya.
Lazimnya, siswa dapat memanfaatkan seluruh inderanya ketika menggali informasi
melalui pengalaman fisik
c. Pengalaman
sosial, melalui melakukan wawancara dengan tokoh, bermain peran, berdiskusi,
bekerja bakti, melakukan bazar, pameran, jual beli, atau pengumpulan dana untuk
bencana alam. Pengalaman belajar ini akan lebih bermanfaat kalau masing-masing
siswa diberi peluang untuk berinteraksi satu sama lain: bertanya, menjawab,
berkomentar, mempertanyakan jawaban, mendemonstrasikan, dan sebagainya.
Ada sumber bukunya tidak?
BalasHapus