Minggu, 26 April 2015

STRATEGI PEMBELAJARAN

Strategi PembelajaranStrategi pembelajaran adalah serentetan kegiatan terencana yang dijadikan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran agar kompetensi yang dijadikan tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.


Strategi pembelajaran ekspositoris
Menekankan pada proses penyampaian materi secara verbal kepada siswa, sehingga guru memegang peranan yang sangat penting (berorientasi kepada guru). Keunggulan strategi ini:
  1. Guru lebih mudah mengontrol urutan dan keluasan materi pembelajaran
  2. Strategi pembelajaran ini cukup efektif bila materi pembelajaran yang harus dikuasai siswa cukup luas sedangkan waktu pembelajaran terbatas 
  3. Siswa dalam strategi ini, selain mendengar penuturan mengenai suatu materi pembelajaran, juga dapat mengobservasi melalui demonstrasi 
  4. Strategi ini bisa digunakan untuk jumlah siswa dan ukuran kelas yang besar
Kelemahan strategi pembelajaran ini:
  1. Strategi pembelajaran ini hanya mungkin diterapkan bila siswa memiliki kemampuan mendengarkan dan menyimak yang baik
  2. Strategi pembelajaran ini tidak dapat melayani perbedaan-perbedaan pada setiap individu yang berkaitan dengan kemampuan, pengetahuan, minat, bakat, dan gaya belajar 
  3. Karena strategi pembelajaran ini cenderung menggunakan metode ceramah, maka kemampuan sosialisasi, hubungan intrepersonal, kemampuan berfikir kritis akan sulit berkembang 
  4. Keberhasilan strategi pembelajaran ini sangat bergantung pada apa yang dimiliki guru, baik itu persiapan, pengetahui, antusiasme, motivasi, cara penyampaian, dan lain sebagainya


Strategi pembelajaran Inquiry
Adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang terencana yang memfokuskan pada proses berfikir kritis dan analisis untuk mencari dan mendapatkan sendiri jawaban atas permasalahan yang dipertanyakan. Strategi pembelajaran ini menggunakan pendekatan berorientasi pada siswa (student centered approach) karena siswa memiliki peranan aktif dan dominan disini. Strategi pembelajaran ini biasanya diterapkan melalui Tanya jawab antara guru dengan siswa.
Kelabihan strategi pembelajaran ini, yaitu:
  1. Strategi pembelajaran ini menekankan pada perkembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor dengan seimbang
  2. Dalam strategi pembelajaran ini, siswa diberikan ruang untuk belajar sesuai dengan gaya belajarnya
  3. Strategi pembelajaran ini dianggap paling sesuai dengan perkembangan psikologi pembelajaran modern 
  4. Strategi pembelajaran ini dapat melayani kebutuhan siswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata
Kelamahan strategi pembelajaran ini:
  1. Sulit untuk mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa
  2. Sulit merencanakan pembelajaran karena terbentur dengan kebiasaan siswa dalam belajar 
  3. Untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran ini membutuhkan banyak waktu, sehingga guru akan kesulitan untuk menyelesaikan materi pembelajaran sesuai dengan waktu yang ditentukan
  4. Karena keberhasilan strategi pembelajaran ini ditentukan oleh kemampuan siswa dalam menyerap materi pembelajaran, maka strategi pembelajaran ini akan sulit diterapkan terhadap siswa yang kemampuannya dibawah rata-rata


Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir
Adalah serangkaian kegiatan pembelajaran yang terencana yang menekankan pada kemampuan berfikir siswa. Materi pembelajaran tidak diberikan begitu saja kepada siswa, tetapi siswa diberikan bimbingan untuk menemukan sendiri konsep yang harus dikuasainya melalui proses dialogis yang terus menerus melalui pemanfaatan pengalaman siswa. Strategi pembelajaran ini bertumpu pada pengembangan kemampuan berfikir siswa. Pengembangan berfikir siswa dilakukan dengan menelaah fakta-fakta dan pengalaman siswa sebagai bahan untuk memecahkan masalah yang diajarkan.


Strategi pembelajaran kontekstual (CTL atau contextual teaching and learning)

Adalah serangkaian kegiatan pembelajaran yang terencana yang menekankan pada proses keterlibatan siswa secara menyeluruh untuk menemukan sendiri materi dipelajari dan mengaitkannya dengan situasi kehidupan nyata, sehingga siswa mampu menerapkan ilmunya di kehidupan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut