Minggu, 15 Juni 2014

PENDEKATAN PENGALAMAN BERBAHASA (PPB) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA



           Pendekatan Pengalaman Berbahasa
 
     Definisi pendekatan pengalaman berbahasa (PPB)
Pendekatan pengalaman berbahasa adalah sistem pembelajaran bahasa dalam bidang membaca dengan menggunakan wacana yang dikembangkan bersama-sama dengan siswa.
Dalam PPB guru merangsang anak-anak untuk berpikir tentang pengalaman masing-masing. Guru memberikan dorongan kepada anak-anak untuk bercerita. Rekaman guru yang menggunakan huruf-huruf yang jelas itu harus dilakukan di depan anak-anak supaya anak-anak sadar bahwa bahasa lisan itu bisa diubah menjadi bahasa tulisan.

Keunggulan dan kekurangan PPB
Keunggulan PPB
a.       Sifat PPB dapat meningkatkan minat baca anak
b.      Untuk menjembatani ke dunia anak-anak dalam upaya mengenali lebih baik keperluan, keinginan dan minat anak
c.       Tidak memerlukan biaya yang banyak, cukup  dengan kertas, papan tulis, pensil dan kapur.
Kelemahan PPB
a.       Sifat PPB yang hanya digunakan pada pembelajaran membaca tingkat awal
b.      PPB menuntut waktu  yang lebih banyak dibandingkan pendekatan-pendekatan lain
c.       PPB harus memperkenalkan kata-kata yang harus dipelajari oleh siswa

Langkah-langkah pembelajaran dengan PPB
a.       Guru mengembangkan wacana bersama siswa dengan menyuruh siswa memikirkan hal-hal yang menjadi kesukaannnya
b.      Guru berupaya untuk mendengarkan sebaik-baiknya dan mengarahkan percakapan yang berlangsung antara murid-muridnya
c.       Menuliskan hal-hal yang disampaikan oleh murid. Biasanya guru memberikan petunjuk/contoh kepada murid supaya yang dikemukakan itu berupa sebuah cerita
d.      Guru mendengar bacaan muridnya, memperhatikan kata-katanya dan mencatat kata-kata yang tidak ada dalam wacana
e.       Penggunaan wacana dalam pembelajaran membaca. Guru harus memanfaatkan pengetahuan yang diperolehnya dari bacaan murid-muridnya. Kalau guru tahu bahwa siswanya tidak dapat membaca kata tertentu yang ada dalam wacana yang digunakan, dia harus mengajarkan dengan cara memisahkan kata tertentu dari wacana.

       Contoh pembelajaran dengan PPB
a.       Guru bercerita tetang momen yang liburan yang paling disukainya, seperti dia suka berlibur di desa karena lingkungannya masih sejuk. Lalu guru menangankan kepada siswa, siswa senang berlibur kemana?
b.      Setelah siswa kesenangan siswa telah terpancing, guru meminta siswa untuk membuat suatu tulisan yang berdasarkan pada pengalamannya
c.       Setelah itu, guru mendengarkan apa yang dibacakan siswa
d.      Kemudian, guru mencatat hal-hal yang mungkin sulit dimengerti oleh siswa lainnya dan memberikan penjelasan terhadap kata-kata yang sulit dimengerti tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut