Kamis, 19 Juni 2014

PENDEKATAN PENGELAMAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA



  1. Pendekatan Pengalaman Belajar
  1. Definisi pendekatan pengalaman belajar
Pendekatan pengalaman belajar adalah sistem pembelajaran yang memanfaatkan sejumlah aktivitas yang dilakukan siswa untuk memperoleh informasi dan kompetensi baru sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.

  1. Ciri-ciri pendekatan pengalaman belajar
a.       Mengacu kepada interaksi siswa dengan kondisi eksternalnya, bukan konten pelajaran
b.      Mengacu kepada belajar melaui perilaku aktif siswa
c.       Belajar akan dimiliki oleh siswa setelah dia mengikuti kegiatan belajar mengajar tertentu
d.      Pengalaman belajar itu merupakan hasil yang diperoleh sendiri oleh siswa
e.       Adanya berbagai upaya yang dilakukan oleh guru dalam usahanya untuk membimbing siswa agar memiliki pengalaman belajar tertentu. Dalam kaitan ini tentu guru pun ingin mengetahui seberapa jauh siswa telah menguasai pengalaman belajar yang ditentukan dan seberapa besar efektivitas bimbingan yang telah diberikan kepada siswa.

  1. Langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan pengalaman belajar
a.       Tahap persiapan
1.      Guru harus mengetahui tujuan atau kompetensi yang akan dicapai
2.      Sesuaikan jenis bahan atau materi pelajaran dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
3.      Perhatikan ketersediaan sumber belajar
b.      Tahap pelaksanaan
1.      Laksanakan pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran, bahan, dan sumber belajar yang telah diracang
2.      Laksanakan pembelajaran sesuaikan dengan karakteristik siswa, yaitu terkait dengan minat, bakat, dan tingkat perkembanganya
3.      Menyusun tugas-tugas belajar bersama siswa
4.      Menginformasi tentang kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan
5.      Memberikan bantuan dan pelayanan kepada siswa yang memerlukan
6.      Memberikan motivasi kepada siswa untuk belajar dan memberikan bimbingan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan.
c.       Tahap evaluasi
1.      Pada tahap ini, guru dan siswa bersama-sama melakukan penilaian terhadap kegiatan yang telah dilakukan siswa
2.      Membantu siswa dalam menarik kesimpulan

  1. Contoh pembelajaran dengan pendekatan pengalaman belajar
a.       Pengalaman mental melalui ceramah dan perenungan diri, siswa akan memahami dan menemukan makna dibalik informasi yang ia peroleh

b.      Pengalaman fisik melalui pengamatan, percobaan, penelitian, kunjungan, karya wisata/study tour, pembuatan buku harian, dan beberapa bentuk kegiatan praktis lainnya. Lazimnya, siswa dapat memanfaatkan seluruh inderanya ketika menggali informasi melalui pengalaman fisik
c.       Pengalaman sosial, melalui melakukan wawancara dengan tokoh, bermain peran, berdiskusi, bekerja bakti, melakukan bazar, pameran, jual beli, atau pengumpulan dana untuk bencana alam. Pengalaman belajar ini akan lebih bermanfaat kalau masing-masing siswa diberi peluang untuk berinteraksi satu sama lain: bertanya, menjawab, berkomentar, mempertanyakan jawaban, mendemonstrasikan, dan sebagainya.

1 komentar:

Pengikut